Kapolpos Pejarakan
Made Mahendra
Demi keamanan dan kenyamanan berbagai event-event rutin di Desa Pejarakan, pihak Kepolisian sebagai pengayom masyarakat, selalu mengawal kelancaran acara. Demikian juga dalam menyambut Takbir Obor nanti malam (07/8), satuan pengamanan dari Polsek Gerokgak akan diturunkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang menganggu kelancaran acara.

Takbir obor ini diadakan oleh Umat Muslim Desa Pejarakan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Event ini diadakan tiap tahun, berbentuk semacam karnaval dengan berbagai kreasi hiasan yang dipamerkan, sehingga event ini menjadi salah satu agenda yang dinanti masyarakat Pejarakan dan warga Kecamatan Gerokgak, dengan partisipasi ribuan penonton.

Para penonton sangat menikmati suguhan kreasi tangan asli warga Desa Pejarakan. Berbagai bentuk kreasi ini menunjukan sebenarnya ada potensi-potensi kesenian yang harus terus dikembangkan. Sebagaimana Umat Hindu dalam menyambut Hari Raya Nyepi dengan Ogoh-ogoh nya yang begitu artistik.

Dengan melibatkan ribuan pengunjung, pihak Kepolisian telah mempersiapkan skenario keamanan demi kelancaran acara nanti malam. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Pos Polisi (Kapolpos) Pejarakan, Made Mahendra saat ditemui di kantornya.

“selama acara ini berlangsung tiap tahunnya, tidak pernah terjadi keributan. Masyarakat dengan berbagai agama dapat bersama menikmati acara Takbir Obor ini, hanya saja untuk mengantisipasi, pihak kepolisian akan tetap mengawal, dengan diturunkannya satuan keamanan langsung dari Polsek Gerokgak” ungkapnya.

Jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, acara yang biasa diadakan malam hari ini selalu lancar. Namun ada segelintir  pengendara motor, yang biasa dikendarai anak muda dengan berkonvoi, sedikit mengganggu kenyamanan acara.

“biasanya para anak muda ini berkendara dengan berkonvoi, yang itu justru warga luar Pejarakan. Sehingga kami akan menghimbau di perbatasan Desa, bagi pengendara yang ingin menyaksikan Takbir Obor ini untuk tidak mengganggu, demi keamanan dan kenyamanan bersama” tegasnya.

“keamanan Desa ini adalah tanggungjawab kita bersama, kami akan terus berkoordinasi dengan panitia demi kelancaran acara nanti malam, sehingga melalui acara nanti malam, bisa dijadikan media kerukunan antar umat beragama, yang selama ini kita selalu junjung bersama” imbuhnya.




Reporter : A.K Abraham