Saat Mendengarkan Masukan Masyarakat
(www.pejarakan.com) Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HKM) Wana Sumber Makmur Pejarakan dikunjungi pejabat Kementerian Kehutanan Republik Indonesia pada hari Kamis (16/1) Kemarin. Kunjungan ini dimanfaatkan anggota tani untuk menyampikan beberapa usulan terkait kondisi yang dihadapi selama ini.

Sebagaimana dijadwalkan sebelumnya, kunjungan kemaren sedianya akan dihadiri langsung oleh Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan. Karena ada rapat kabinet terbatas yang mendadak, akhirnya kedatangannya diwakili oleh salah satu Dirjend di Kementerian Kehutanan, Bapak Dr.Ir.Imam Nugroho, dan Bapak Dr.Hariadi Himawan, selaku Kepala Badan Perhutanan Sosial.

Acara ini juga dihadiri para pejabat daerah Provinsi Bali dibawah koordinasi Kementerian Kehutanan. Seperti Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bali, Bapak Wiranata, serta jajaran Dinas Kehutanan Kabupaten Buleleng.

Kunjungan kali ini, sebagaiamana diungkapkan oleh Bapak Dirjend Imam Nugroho, kedatangannya untuk menyampaikan bahwa kelompok HKM yang ada di Pejarakan ini dijadikan sebagai satu-satunya contoh Kelompok HKM seluruh Provinsi Bali.

“kesuksesan disini, sebagai acuan keberhasilan dan menjadi percontohan seluruh Kelompok HKM di Bali, oleh karenanya saya mewakili Bapak Menteri datang ke Kelompok disini” ungkapnya, yang langsung disambut tepuk tangan hadirin.

Selain itu, ia menjelaskan ada tiga kegiatan yang bisa dilakukan kelompok HKM. Pertama, sebagai Pemanfaatan Kawasan, kedua, Pemanfaatan Hutan Non Kayu, dan ketiga sebagai Pemanfaatan Jasa dan Lingkungan.

“Bicara hutan bukan hanya pemanfaatan kayunya saja, optimalisasi pemanfaatan selain kayu sebesar 95% yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat” tegasnya.

Setelah dialog dengan para anggota kelompok tani, kegiatan ini ditutup dengan komitmen pihak Kementrian untuk menugaskan pendamping, yang nantinya akan membackup penuh Kelompok Tani HKM Wana Sumber Makmur, agar kelompok percontohan yang dicanangkan benar-benar terwujud maksimal.


Reporter: AK.Abraham