Penyerahan Simbolis Bibit Mangrove Oleh Perbekel
www.pejarakan.com : Sebagai wujud kepedulian lingkungan pada generasi muda Buleleng, Sispala Mandala Bakthi Tama SMAN 1 Singaraja pada hari Minggu, 19 Januari 2014, mengadakan kegiatan sosial penghijauan lingkungan di Pejarakan. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa sekolah seperti SMA Bali Mandara, SMAN 4 Singaraja, SMAN 1 dan 2 Gerokgak, SMK PGRI Gerokgak, dan SMK Nusa Dua Gerokgak.

Para rombongan siswa ini tiba di area pertambakan Banjar Marga Garuda sekitar pukul 09.00 wita. Sebelum langsung turun ke lapangan, panitia mengadakan acara seremonial untuk lebih memperjelas kegiatan yang akan dilaksanakan.

Ketua Panitia pelaksana dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan penanaman Mangrove ini untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. Abrasi pantai saat ini menjadi ancaman bersama. “semoga melalui penanaman Mangrove ini kami bisa menjaga daratan Buleleng” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pejarakan I Made Astawa mengucapkan selamat datang pada rombongan siswa yang telah jauh-jauh datang ke Desa Pejarakan. “saya berharap para siswa dapat mengambil pelajaran dari aksi lingkungan ini” ungkapnya.

Kegiatan  penanaman ini langsung dipandu oleh Bapak I Ketut Nasa dari Kelompok Tani Alam Lestari, yang juga Kepala Banjar Dinas Marga Garuda. Dalam penyampaian bimbingan teknis penanaman Mangrove, ia menyarankan agar satu orang bisa menanam sepuluh pohon.

“selain kemauan untuk menanam, yang perlu disiapkan oleh adik-adik adalah mental untuk masuk lumpur, kedalaman lumpur bisa sampai lutut” jelasnya, yang langsung disambut riuh oleh para siswa.

Penanaman Mangrove ini ditanam di bibir pantai di utara pertambakan Danu Mas. Sementara penanaman bibit Pohon Asam yang dibawa Panitia, ditanam di sepanjang Jalan Garuda dan di pinggiran Lapangan Garuda.
 
Penanaman Mangrove Secara Simbolis
 
Para Siswa Saat Mendengarkan Arahan Penanaman
Reporter : AK.Abraham