Salah Satu Peserta LBSI

Lomba Balita Sehat Indonesia (LBSI) Kecamatan Gerokgak diadakan di Gedung Serba Guna Desa Pejarakan, tadi pagi, Kamis 27 Juni 2013. Lomba ini diikuti oleh dua kategori Balita, yakni umur 6-23 Bulan dan umur 2-5 Tahun.

Menurut Ketut Indrawati, Koordinator kegiatan ini, bahwa Lomba ini diadakan Dinas Kesehatan yang bertujuan untuk memantau perkembangan Balita, mulai dari berat badan, kesehatan gizi, dan produktifitas Balita.

Penentuan Balita yang termasuk Peserta Lomba ini ditentukan oleh Petugas Posyandu di masing-masing Puskesmas. “Petugas sudah mengecek seluruh perkembangan Bayi di Kecamatan Gerokgak, yang hadir disini ini adalah Bayi dengan rata-rata kesehatan dan perkembangan terbaik”, ungkap Bu Indra.

Ketut Indrawati

Penilaian pada lomba ini bukan hanya pada Balita, tapi juga pada pengetahuan Ibu. “pengetahuan dan kesehatan Ibu ini menjadi penentu kualitas Balita, sehingga juga masuk dalam salah satu penilaian” tegasnya.

Pada lomba ini akan ditentukan Juara 1-3 untuk setiap kategorinya. Juara 1 untuk kategori 6-23 Bulan begitupun Juara 1 untuk kategori 2-5 Tahun, nantinya akan mewakili Kecamatan Gerokgak pada Lomba LBSI tingkat Kabupaten.


Khusus kepada ibu-ibu Desa Pejarakan, Bu indra berpesan agar mempersiapkan Balita nya dalam perlombaan tahun depan. 

“dari dua Kategori, hanya ada satu Balita (2-5 Tahun) dari Desa Pejarakan yang direkomendasikan untuk ikut dalam Lomba tahun ini, ini mengindikasikan kualitas Balita di Pejarakan masih kalah dengan Desa lain, tapi bukan berarti perkembangan Balita Pejarakan buruk” tegasnya.  



Reporter : A.K Abraham